Rabu, 13 Juni 2012

PERENCANAAN SDM

1. Apa yang dimaksud dengan perencanaan SDM ? 

Sebuah proses untuk memperkirakan kebutuhan/permintaan dan mengorganisir  kebutuhan tenaga kerja / sumber daya manusia  sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuannya serta kepentingan dari pihak individu dan organisasi bisa tercapai dan perencanaan akan terlaksana, perencanaan SDM sangat penting dalam perusahaan untuk dimasa sekarang dan yang akan datang dimana organisasi tersebut mampu mengantisipasi kekurangan kualitas tenaga kerja yang diperlukan dan Untuk memastikan bahwa sejumlah tenaga kerja dalam jumlah tertentu, yang dibutuhkan oleh organisasi telah memenuhi persyaratan jika tidak ada perencanaan perusahan akan cepat ambruk atau tidak mempunyai arah untuk dimasa depannya seperti tumpang tindih.

Andrew E. Sikula (1981;145) mengemukakan bahwa:
“Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja didefinisikan sebagai proses menentukan kebutuhan tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya berinteraksi dengan rencana organisasi”.
George Milkovich dan Paul C. Nystrom (Dale Yoder, 1981:173) mendefinisikan bahwa:
“Perencanaan tenaga kerja adalah proses peramalan, pengembangan, pengimplementasian dan pengontrolan yang menjamin perusahaan mempunyai kesesuaian jumlah pegawai, penempatan pegawai secara benar, waktu yang tepat, yang secara otomatis lebih bermanfaat”.
Contoh kasus :
HRD harus tepat dalam mengambil keputusan seperti masalah penerimaan tenaga kerja ketika dihadapkan masalah kekurangan karyawan di restaurant  maka seorang HRD harus segera memasang iklan mengenai lowongan tenaga kerja untuk dibagian yang sudah ditentukan atau yang dibutuhkan oleh organisasi tersebut seorang HRD harus pintar dalam menyeleksi tenaga kerja sehingga ketika sudah masuk kedalam operasional tenaga kerja tersebut mampu menyesuaikan dan sudah tau sequence of service untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja atau kebisingan antara pegawai.

 2. Sebutkan danjelaskan ruang lingkup perencanaan SDM !, Uraikan secara detail jawaban.

       1.      Merencanakan kebutuhan persedian karyawan internal maupun eksternal

Terhadap Ketenagakerjaan Organisasi Secara Internal

Artinya dapat menganalisis pekerjaan pada seseorang untuk melakukan suatu tugas atau dalam pendelegasian tugas yang diberikan. Tugas organisasi tidak hanya sekedar menghitung jumlah karyawan diantaranya :
1.      Harus dilakukan audit tenaga kerja yang sudah ada untuk mengetahui kemampuan pekerja yang ada seperti training, reward.
2.       Mempertimbangkan karyawan-karyawan yang sudah ada untuk lowongan di masa yang akan datang adalah penting jika karyawan diproyeksikan memiliki karir yang panjang.
3.      Penilaian kinerja seperti membuat data laporan yang akurat berkenaan dengan perilaku dan kinerja karyawan, Memfasilitasi alat bantu untuk para Pimpinan dalam program pengembangan Kinerja Karyawan.

Terhadap Ketenagakerjaan Organisasi Secara External

merupakan proses penelitian terhadap lingkungan organisasi untuk menentukan kesempatan atau ancaman. Hasil analisis akan mempengaruhi rencana SDM karena setiap organisasi akan masuk pada pasar tenaga kerja yang sama yang memasok, juga perusahaan lain. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pasokan tenaga kerja antara lain : Pengaruh pemerintah, Kondisi perekonomian, Masalah kependudukan dan persaingan, komposisi tenaga kerja dan pola kerja.
  

               2.  Penyajian Data Analisa Tiap Pekerjaan
Artinya mampu memberikan informasi tentang lingkup pekerjaan tiap pemangku jabatn, mampu menerangkan mengenai kewajiban,tugas dan hubungan tanggungjawab dan terakhir mampu menetapkan standar minimum yang menjadi sasaran dari usaha karyawan dan merupakan ukuran keberhasilan suatu pekerjaan.

       3. Merencanakan strukturupah, tunjangan pelengkap dan menentuka nwaktu pelaksanaan pembayaran upah/gaji dengan menggunakan prinsip kesetaraan dan sebanding dengan perusahaan lain yang sejenis dan peraturan perundang – undangan pemerintah.
  
               4. Penerapan Disiplin artinya Men-sosialisasikan Aturan Kedisiplinan pada seluruh Karyawan, Menerapkan aturan perusahaan tentang Kedisiplinan.

3. Kenapa perencanaan SDM sangat diperlukan oleh organisasi, khususnya bagian HRD ?
Perencanaan sumber daya manusia sangat penting untuk dilakukan karena memungkinkan HRD menempatkan Staff yang tepat pada situasi/kondisi apapun dan staff tidak ada kendala dalam melaksanakan pekerjaan serta tujuan akan tercapai sesuai dengan rencana. Dengan adanya HRD kebutuhan karyawan akan cepat terselesaikan karena seperti yang diketahui tugas HRD lebih mengarah dalam menangani kepegawaian sepeti rekruitment misalnya dalam melakukan rekruitment bagian HRD mempunyai tugas mengisi lowongan pekerjaan dengan SDM yang cocok dan berkualitas untuk pekerjan yang sedang diperlukan diperusahaan tersebut kualitas SDM tergantung dari rekruitment dari HRD sebagi proses untuk mendapatkan SDM yang berkualitas untuk menduduki suatu pekerjaan dengan metode yang dipakai oleh HRD. Berbagai kegiatan yang dilakukan HRD yang diberikan untuk perusahaan dan karywan untuk menunjang peningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesuksesan perusahaan
 4. Kenapa perencanaan SDM melibatkan lingkungan  eksternal ?

Karena dapat berpengaruh pada rencana strategic dan rencana operasional, sehingga langsung atau tidak langsung berpengaruh pada perencanaan SDM. Faktor eksternal tersebut pada dasarnya dapat dikategorikan sebagai sebab atau alasan permintaan SDM dilingkungan sebuah organisasi/perusahaan agar perusahaan tersebut berjalan dengan lancar maka perlu dilakukannya hubungan keluar agar tetap eksis dan dapat bekerjasama denga perusahaan manapun tanpa kendala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar