1.
Coba anda buat resume secara detail materi tentang Staffing
Resume adalah bagian pertama
yang akan dibaca dan diperhatikan oleh pihak penerima kerja yaitu HRD. Sehingga
resume harus bisa menceritakan secara singkat dan detail tentang seorang
pelamar biasanya berisi mengenai riwayat pengalaman dan keterampilan yang
dimiliki seseorang untuk melamar pekerjaan.
Langkah – langkah dalam
membuat resume antara lain :
1. Membuat surat lamaran pekerjaan berisi antara
lain
ð
Permohonan
untuk dapat bekerja diperusahaan tersebut
ð
Data pribadi
seperti yang berisi identitas
pribadi dengan jelas mulai dari nama, alamat, jenis kelamin, status, tempat dan
tanggal lahir, agama, status perkawinan, informasi kontak, dll.
ð
Pendidikan harus dicantumkan pendidikan formal
maupun non formal mulai dari tahun masuk, tahun lulus, jurusan, dll
ð
Kemapuan / keahlian dimana kita perlu
menjelaskan dengan singkat keahlian yang kita miliki yang tentu saja
berhubungan dengan posisi pekerjaan yang kita lamar.
ð
Pengalaman kerja apabila kita pernah bekerja
pada lebih dari satu perusahaan, maka kita harus mengurutkan mulai dari
pekerjaan yang terakhir. Cantumkan nama perusahaan, alamat perusahaan, jabatan,
tahun masuk, tahun keluar, serta deskripsi singkat pekerjaan kita saat itu.
ð
Pengalaman organisasi (apabila ada)
pengalaman organisasi hanya dicantumkan apabila pengalaman organisasi itu berhubungan dengan posisi pekerjaan yang sedang kita lamar.
pengalaman organisasi hanya dicantumkan apabila pengalaman organisasi itu berhubungan dengan posisi pekerjaan yang sedang kita lamar.
ð
Referensi kerja
referensi kerja sangat penting. Usahakan hanya mencantumkan nama dan nomer telp seseorang yang memang benar-benar mengenak kita dan bisa memberikan informasi yang positif mengenai kita.
referensi kerja sangat penting. Usahakan hanya mencantumkan nama dan nomer telp seseorang yang memang benar-benar mengenak kita dan bisa memberikan informasi yang positif mengenai kita.
Contoh
Resume
TEMPAT/TGL LAHIR : Serang, 06 Oktober 1992
ALAMAT : Jl. Diponegoro No. 10 Denpasar - Bali
TELEPON : 0812 123 456
E-MAIL : purpletine760@gmail.com
IP 3.9
KURSUS_____________________________________________________________________________________
- Komputer (Microsoft Word, Excel, Power Point & Internet) 2011
- Bahasa Inggris (Conversation) 2010
PENGALAMAN KERJA_______________________________________________________________________
·
Training Di Marbela
Hotel 2008
·
Ledian Hotel 2010
·
Training Di Silka
Maytower 2012
2. Apa yang anda ketahui tentang staffing ?
jelaskan dengan kasus
Staffng mengenai tentang perencanaan, penarikan, dan seleksi sumber
daya manusia. Dimana para manager tergantung pada SDM / HRD untuk mengumpulkan
informasi tenga kerja yang keterampilannya berkualitas untuk kemajuan
perusahaan tetapi para manager department lain ikut terlibat dalam menyediakan
deskripsi dari spesifikasi pekerjaan untuk membantu proses penarikan yang
dilakukan oleh SDM.
Dalam proses seleksi tersebut departemen
sumber daya manusia melakukan penyaringan sperti yang sudah dijelaskan diatas
seperti melalui wawancara, tes, dan menyelidiki latar belakang pelamar. Semua itu
dilakukan karena merupakan Tanggung jawab departemen sumber daya manusia untuk
pengadaan tenaga kerja agar semakin meningkat dengan adanya hukum tentang
kesempatan kerja yang sama dan berbagai syarat yang diperlukan perusahaan dan
manager.
Contoh kasus :
Disuatu hotel misalnya hotel ledian dimana hotel
tersebut membuka lowongan pekerjaan dibagian food and beverage service untuk
bagian waiter/waitress HRD disana memasang iklan memalui Koran atau internet. Setelah
ada beberapa yang melamar dan memasukan CV maka tugas HRD adalah mewawancari terlebih dahulu gunanya untuk
mengetahui pribadi pelamar tersebut dan kemampuannya setelah lolos dari HRD
pelamar tersebut di interview kembali oleh manager dari department Food & Beverage
manager setelah itu melakukan test seperti test psikologis untuk mengetahui kemampuan
kinerja,identifikasi sikap atau keahlian tertentu yang tidak terlihat pada waktu wawancara setelah
itu bagian HRD melakukan diskusi dengan manager terkait untuk mempertimbangkan
pelamar mana yang cocok/sesuai dengan kriteria untuk bagian tersebut setelah
selsai melakukan semua test HRD mengumumkan tentang pemberitahuan penguman dterimanya
melalui telfon/ email para pelamar dengan batas waktu 3 hari jika tidak ada
pengumuman yang sampai kemereka berati mereka gagal.
Setelah itu para HRD mengumumkan dan memanggil
pelamar tersebut untuk bekerja dibagian tersebut dan melakukan pendatangan
kontrak kerja dan mamberitahukan mengenai gaji, SOP dan waktu pekrja serta yang
berhubungan untuk operasional HRD menyerahkan kebagian manager.
3. Apa yang
dimaksud dengan perekrutan internal dan eksternal
1. perekrutan
internal adalah karyawan yang akan mengisi lowongan kerja yang diambil dari
dalam perusahaan tersebut untuk mengisi pekerjaan jabatan yang sedang
dibutuhkan. Pemindahan karyawan itu bisa akaibat promosi atau demosi dan
biasanya pengisian jabatan tersebut diambil untuk jabatan manajerial hal ini
sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada karyawan berupa promosi atau
memberikan penghargaan atas prestasi pegawai tersebut dan dari sinilah dapat
meningkatkan moral atau motivasi semangat tenaga kerja yang sudah ada. Keuntungan
dari perekrutan internal adalah Pekerja telah memahami secara baik kebijakan,
prosedur, ketentuan dan kebiasaan organisasi dan Biaya relatif murah, karena tidak perlu
proses seleksi seperti rekrutmen external.
Adapun kelemahan dari perekutan internal yaitu
- Tidak selalu memberikan perspektif baru
- Pekerja yang dipromosikan akrab dengan bawahannya sehingga sulit menjalankan kewenangan dan kekuasaannya
2. External
Perekrutan Eksternal adalah rekrutmen tenaga kerja untuk mengisi
jabatan yang kosong dengan menggunakan sumber dari luar perusahaan dengan
tujuan memperoleh gagasan atau ide baru, memiliki tingkat keahlian dan
kemampuan lebih luas yang tidak tersedia didalam perusahaan serta untuk
mencegah timbulnya persaingan yang bersifat negative. Perekrutan bisa melalui
media ( radio, Koran, TV ), Badan
penyalur tenaga kerja, Lembaga pendidikan :mahasiswa magang,iklan kampus dan
organisasi – organisasi lainnya.
Kelemahan perekrutan eksternal:
1. Prestasi
karyawan lama cenderung turun, karena tidak ada kesempatan untuk promosi. Sehingga
moral dan komitmen karyawan rendah
2. Biaya
perekrutan besar, karena iklan dan seleksi.
3. Waktu
perekrutan relatif lama.
4. Bagaimana
proses perekrutan dan seleksi diadakan di HRD
·
Seleksi administrasi : surat lamaran yang masuk pada bagian personalia/HRD dalam
penempatan tenaga kerja, kemudia diteliti kelengkapan persyaratan penerimaan
yang telah diumumkan apakah sudah lengkap atau belum. Contoh kelengkapannya seperti surat lamaran,
pasfoto terakhir, daftar riwayat hidup, foto kopi ijasah, transkip akademi dll.
Dan biasanya bagi yang lolos seleksi surat lamaran akan dipanggil untuk seksi
wawancara.
·
Mengikuti serangkain test seperti diantara
lainnya
ð test
spikologi gunanya untuk mengetahui kemampuan dan kepribadian calon karywan.
ð test
prestasi untuk mengetahu sejauh mana pelamar mengetahui sesuatu sesuai dengan
data pelamar.
ð test
minat untuk mengetahu minat seseorang jika dia memiliki minat tinggi pasti
dapat melakukan apapun dengan baik dibandingkan orang yang tidak memiliki minat
atau minatnya kecil. dan
ð test
kpribadian test ini sangat berperan penting dalam menentukan tingkat
keberhasilan seseorang.
·
Wawancara : untuk mendapatkan penjelasan
lebih lanjut tentang data – data personal yang telah ada dalam surat lamaran
dan surat keteranga lainnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai latar
belakang calon karyawan dan karyawanpun dapat mengetahui tentang perusahaan dan
tentang pekerjaan yang akan dilakukan.
·
Pemeriksaan kesehatan : untuk melihat kondisi calon karyawan dapat dilakukan
pada dokter perusahaan atau luar perusahaan.
·
Perkenalan pada perusahaan : program pengenalan bagi karyawan baru untuk
mendapatkan penjelasan mengenai bidang operasional perusahaan, kebijakan dan tugas
masing-masing bagian serta tanggung jawab dari setiap tugas. Tujuannya adalah untuk menanamkan kesan pertama yang baik
terhadap karyawan, supaya terbina hubungan baik antar karyawan dan juga
memberikan motivasi kerja pada karyawan yang baru melalui pengalaman pertama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar