Rabu, 30 Mei 2012

SEE JAKARTA, JOGYAKARTA AND ITS FASCINATING

SEE JAKARTA, JOGYAKARTA AND ITS FASCINATING
JAKARTA ( untuk para peserta sebanyak 140 orang ) saya menggunakan dua bus dan para peserta menginap di hotel yang dekat dengan monas.
a.      Menyusun dan merencanakan seri kegiatan rekreasi yang berhubungan dengan entertainment, shopping dan fasilitas lainnya
Kegiatan rekreasi yang berhubungan dengan shopping jakartalah pusatnya karena Jakarta selain sebagai ibu kota negara juga dijuluki sebagai kota belanja mulai dari mall untuk kalangan atas,menengah sampai bawah. Tempat shopping untuk kalangan atas seperti mall grand Indonesia, taman anggrek, plaza Indonesia, mall of Indonesia ( MOI ), pondok indah mall, senayan city. Dan untuk kalangan bawahnya seperti Pasar Tanah Abang dimana sebagai pusat grosir pakaian terbesar se-Asia Tenggara, pasar baru yang mejadi pusat belanja dijakarta sejak jaman colonial belanda dan tidak saja dikenal sebagai tempat berbelanja tapi pasar baru juga sebagai tempat wisata.kemudian untuk segi entertainment dan fasilitas lainnya seperti taman mini Indonesia indah ( TMII ), tempat wisata budaya Betawi, Museum Nasional (Monas), Kota Tua, Museum Nasional (Monas). Dan saya akan merekomendasikan kepada para peserta untuk berkunjung ketempat yang menurut saya menarik seperti :
·         Para peserta pertama diajak ke monas karena hotel tidak jauh dari monas. Di komplek Monas terdapat Tugu Monas yang menjadi ikon kota Jakarta. Puncak Tugu Monas berlapis emas. Di kompleks Monas terdapat Museum Gajah Mada. Museum ini menyimpan beragam kekayaan budaya dan seni yang bersejarah milik bangsa Indonesia. Benda-benda purbakala yang ditemukan di Indonesia banyak yang disimpan di Monas. Dan para peserta dapat mempelajari kekayaan budaya Indonesia dari jaman prasejarah hingga masa kini. Area wisata yang luas di Monas sering pula dimanfaatkan bagi Jakarta untuk menggelar event olahraga bertaraf nasional dan internasional. 

·          Destinasi ke dua Para peserta akan diajak ke salah satu mall yang terkenal di Indonesia seperti mall of Indonesia ( MOI ) terletak di area Kelapa Gading Square tepatnya di jakarta pusat dengan konsep eropa, Di luar Mall Of Indonesia, terdapat atrium yang indah karena di atasnya ada gambar bintang-bintang dan liftnya menyerupai salah satu tower di Venesia. Para peserta bisa mengelilingi kawasan tersebut dengan berjalan kaki dan naik gondola.
para peserta dapat menikmati Special Zone:
 Food Connection yang merupakan food court MOI mulai dari tradisional sampai western.
 Moiland & Funworld yaitu 20+ wahana rekreasi untuk anak-anak maupun keluarga.
 Blitzmegaplex MOI adalah satu-satunya Blitzmegaplex di kawasan Kelapa Gading.
 Digital Lounge (DiLo) yaitu sebuah warnet cozy di MOI yang sering mengadakan event dari game online.
·         Para peserta juga dapat menikmati berbelanja mulai dari brand Indonesia seperti batik sampai terkenal di international.
b.      Menyusun dan Menawarkan Seri Kegiatan Wisata Di Kedua Kota Tersebut Yang Menyangkut Kegiatan Wisata Alam Dan Budaya:
 Selain dari kegiatan shopping dijakarta juga ada kegiatan wisata alam dan budaya yang menawarkan berbagai keindahan seperti pantai, monument – monument nasional dll. Para peserta dapat mempelajari kekayaan budaya yang ada dijakarta. Saya merekomendasikan tempat wisata dimana para peserta dapat mempelajari kebudayaan Indonesia yaitu :
·         Para peserta akan diajak ke Taman Mini Indonesia Indah alias TMII yang merupakan gambaran budaya indonesia.TMII adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang begitu terkenal di Indonesia dan mancanegara yang berada di Jakarta Timur, dekat dengan lokasi Monumen Lubang Buaya, merupakan tempat wisata yang luas sekali. Para peserta diajak berkeliling mengenal anjungan rumah adat, memperkenalkan dan memberikan pengetahuan mengenai Seluruh propinsi di Indonesia dengan cara menunjukkan ciri khas budaya, museum – museum seperti Museum Amfibi, Museum Reptil, Taman Burung, Taman Bunga, Monumen Agama Konghucu, Museum Batik, Museum Keris.
Di sejumlah titik lokasi Taman Mini Indonesia Indah para peserta bisa merasakan nikmatnya sajian khas wisata kuliner asli Indonesia. Misalnya mencoba minum jamu khas Jawa, menikmati gudeg Jogja, coto Makassar, kerak telor Jakarta dan lain-lain. Serta bagi para peserta yang suka bergaya di depan kamera dan tidak sempat membawa kamera, tersedia tukang foto keliling di TMII. Para peserta bisa mengabadikan gambar tempat wisata yang indah sebagai latar belakang potret diri
c.       Aktifitas-aktifitas lain yang dapat mengoptimalkan proses kegiatan peserta secara berkualitas
·         Para peserta diajak ke pasar baru dikenal sebagai daerah elit  karena dekat  jalan Veteran yang kawasan sekitarnya dibangun pemerintah kompeni Belanda untuk orang-orang kaya di Batavia dan merupakan pasar tertua dijakarta. Pasar Baru tetap menjadi pusat perdagangan sepatu dan kain yang dituju oleh masyarakat Jakarta, turis domestik hingga turis mancanegara, sehingga saya membawa para peserta kesini bukan itu saja pasar baru juga dekat dengan gedung kesenian Jakarta.
·     Setelah dari pasar baru para peserta diajak mengunjungi gedung kesenian Jakarta. Gedung tersebut    merupakan tempat para seniman dari seluruh Nusantara mempertunjukkan hasil kreasi seninya, seperti drama, teater, film, sastra, dan lain sebagainya dan gedung peninggalan belanda
·      Setelah dari gedung kesenian Jakarta para peserta diajak untuk mengunjungi istana Negara pusat kegiatan pemerintahan Negara seperti kita ketahui diantaranya menjadi tempat penyelenggaraan acara – acara yang bersifat kenegaraan, seperti pelantikan pejabat – pejabat tinggi negara, pembukaan musyawarah, dan rapat kerja nasional, pembukaan kongres bersifat nasional dan internasioal, dan tempat jamuan kenegaraan. setelah melihat – lihat istana Negara dan yang terakhir para peserta diajak untuk menikmati pemandangan yang terakhir untuk liburannya dengan menghirup udara segar di tepi pantai yaitu pantai ancol.
Jogyakarta ( untuk para peserta sebanyak 70 orang ) saya menggunakan dua bus yaitu bus kecil dan bus besar. Para peserta akan tinggal di hotel pusat jogyakarta yaitu dekat dengan maliobro.

a.  Menyusun dan merencanakan seri kegiatan rekreasi yang berhubungan dengan entertainment, shopping dan fasilitas lainnya.
            Kegiatan rekreasi yang berhubungan dengan shopping dijogyakarta banyak sekali seperti galleria mall, glarelia mall, malioboro, gardhena dll. Tempat entertain seperti kaliurang, Monumen jogja kembali, Merapi golf, Taman Pintar, Kraton Ngayogyakarta, Taman Sari, malioboro, ambarukmo, kotagede, pasar bringharjo dan juga benteng vredenberg. Dari keindahan alamnya Yogyakarta terkenal dengan keragaman pantainya seperti pantai Parangtritis, Pantai depok, Pantai kwaru, Pantai Krakal, Pantai Baron, antai Krukup, dan Pantai Glagah.
·         Para peserta akan diajak mengelilingi sekitar malioboro karena disana dekta sekali dengan bangunan – bangunan yang bersejarah banyak tempat wisata. Para peserta diijinkan utnuk berbelanja pakaian, serta pernak pernik lainnya yang dijual di pasar Malioboro atau mall malioboronya para peserta juga bisa menikmati fasilitas transportasi tradisional yang terdapat di kawasan Malioboro yaitu Andong dan becak meraka akan diajak mengelilingi kota malioboro. Dan dijalan malioboro para peserta juga dapat menikmati tugu jogyakarta dan bisa mengunjungi beberapa kawasan objek bersejarah seperti Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret,keratin, taman sari, alun – alun, pembuatan batik dll. Serta pada malem harinya para peserta diajak mengelilingi malioboro lagi untuk menikamti keindahan kota malioboro karena dimalem hari banyak sekali jajanan tengah malem seperti gudeg, nasi kucing dll, serta banyak sekali seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim dan lain-lain disepanjang jalan ini.
b.  Menuyusun dan menawarkan seri kegiatan wisata di kedua kota tersebut yang menyangkut kegiatan wisata alam dan budaya.
·         Para peserta diajak ke candi prambanan karena dari malioboro dekat sekali dengan candi prambanan dan para pesrta juga dapat pergi ke candi boko sambil melihat sun set dan minkmati restaurant yang ada disana dengan khas makanan jawa. Candi Prambanan atau yang nama sebenarnya adalah Candi Loro Jonggrang, terletak diperbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan propinsi Jawa Tengah, tepatnya didaerah prambanan di Jl. Raya Jogja-Solo, itulah kenapa candi ini lebih terkenal dengan nama Candi Prambanan. Sejarah terbentuknya Candi Prambanan tidak bisa dipisahkan dari Legenda Putri Roro Jongrang. Putri cantik tersebut diyakini masyarakat setempat telah dikutuk oleh Prabu Bandung Bandawasa sebagai salah satu arca di kompleks Candi Prambanan. Tempat wisata di Yogyakarta ini memiliki ribuan arca dan sering dijadikan lokasi pertunjukan seni drama tari (sendratari) Ramayana. Lokasi panggung pertunjukan berada di area terbuka sekitar Candi Prambanan, dengan disinari bulan purnama, sepasang penari menunjukkan keahlian dalam seni gerak tari. Sendratari Ramayana menceritakan kesetiaan seorang isteri terhadap suaminya.
·         Setelah dari candi prambanan para peserta diajak menikmati pantai parangtritis tempatnya tidak terlalu jauh dari candi prambanan sekitar 1 jam untuk sampai ke pantai tersebut. Pantai Parangtritis: Keindahan dan Keangkeran Tempat Wisata di Yogyakarta. Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling populer yang dikunjungi oleh wisatawan. Peserta bisa menikmati ombak laut yang besar, jalan-jalan di atas pasir pantai, naik andong keliling pantai dan menikmati sajian wisata kuliner Jogja. Bagi wisatawan yang suka menguji nyali, dan peserta mengunjungi salah satu rumah angker yang ada di puncak bukit terjal yang ada di Pantai Parangtritis. Lokasi sekitar Pantai Parangtritis diyakini sebagai salah satu tempat pertemuan Sultan Jogja dengan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Oleh karena itu, para peserta bisa melihat festival budaya Larung Sesaji di Pantai Parangtritis
c.       Aktifitas-aktifitas lain yang dapat mengoptimalkan proses kegiatan peserta secara berkualitas
·         Para peserta diajak ke Gua Pindul ( cave tubing ) yang merupakan salah satu objek wisata yang menyimpan sejuta keindahan didalamnya dan menarik untuk dikunjungi oleh para peserta karena para peserta dapat menikmati arung jeram adalah kegiatan menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu, maka cavetubing adalah kegiatan menyusuri gua dengan naik di atas ban dalam. Karena aliran air di Gua Pindul ini tenang dan debit airnya relatif sama baik di musim penghujan maupun musim kemarau, maka melakukan cavetubing di Gua Pindul ini juga bisa dilakukan oleh para pemula maupun anak kecil . Gua Pindul juga Menyediakan Guide yang bisa memandu kita serta berbagai fasilitas untuk melakukan Cave Tubing, Untuk menyewa peralatan-peratan tersebut pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp. 25.000,- sampai Rp. 30.000,- Namun jika sudah membawa peralatan sendiri tidak dikenakan biaya.Menurut Sejarah Gua Pindul merupakan satu dari rangkaian tujuh gua yang dialiri sungai bawah tanah di daerah Bejiharjo. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 m, lebar 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5 m. Di salah satu bagian Gua Pindul terdapat tempat yang cukup lebar sehingga terlihat seperti kolam luas. Di bagian ini juga terdapat celah yang cukup lebar tempat sinar matahari masuk. Anda yang ingin memasuki gua secara vertikal bisa masuk ke Gua Pindul melewati celah ini. Tak jauh dari Gua Pindul terdapat Gua Gelatik (gua kering), monumen peninggalan Jendral Sudirman, serta situs purbakala Sokoliman. Konon, penamaan Gua Pindul berasal dari kisah pengembaraan Joko Singlulung menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari bapaknya. Saat sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu sesar yang ada di dalam gua. Oleh karena itu, gua tempat Joko terbentur tersebut dinamai Gua Pindul.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar